Rabu, 06 November 2013

E-Book Untuk Pembelajaran



 
Menurut wikipedia : e-book (singkatan  dari electronic book, atau EBook) dikenal sebagai buku digital, merupakan e-teks  yang berbentuk media  digital  dan kadang-kadang dilindungi dengan hak cipta digital. Adapun bentuknya bisa berbentuk file pdf, word, html, txt dll. Tetapi yang terkenal biasanya e-book berbentuk file pdf yang dapat dibaca dengan program seperti acrobat reader yang dapat di download sebelumnya secara gratis.
Dengan hadirnya ebook ini para pembaca dimudahkan untuk tidak menyimpan buku-buku favoritnya dalam bentuk fisik (buku konvensional) dan juga memudahkan bagi para penulis dalam menyebarkan tulisan-tulisannya, karena melalui ebook ini seseorang tidak perlu datang ke penerbit hanya sekedar menginginkan tulisannya dapat diterbitkan. Apabila seorang penulis ingin menjual atau mempublikasikan tulisan-nya dengan adanya e-book ini merupakan salah satu jalan pintasnya dan ini berlaku juga bagi para pembaca atau pencari ilmu di internet.
Bentuk file e-book yang  paling populer biasanya dibuat dalam bentuk pdf dimana pembuatannya menggunakan program seperti  Pdf955 , PrimoPDF, PDFCreator , CutePDF Writer, OpenOffice dll. Kelebihan file pdf ini filenya kecil bahkan dapat dioptimasikan untuk image-image yang di-embed di dalamnya, nyaman dibaca/diprint, dan yang paling penting ada fasilitas setting menggunakan kode sandi baik dalam pembacaan, editing, ataupun untuk dicetak.
Penggunaan media pembelajaran sudah mulai digunakan oleh kalangan masyarakat termasuk pendidik dan peserta didik. E-book menjadi media yang penting dalam pembelajaran. Fungsi dan manfaat E-book sangat dirasakan oleh pengguna seperti pendidik dan peserta didik. Apakah peran E-book sudah dirasakan bagi pendidik dan peserta didik?
E-book menjadi media belajar yang populer selama beberapa tahun ini karena pemerintah secara penuh mendukung penggunaan E-book dalam pembelajaran. E-book berperan penting dalam proses pembelajaran karena memiliki keunggulan. Keunggulan dari E-book bisa dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Adapun kekurangan dari E-book dilihat dari pengguna setiap daerah.
Beberapa fungsi E-book sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar. Proses pembelajaran tidak lepas kaitannya dengan sumber belajar yang berupa buku-buku bacaan seperti E-book. E-book juga sebagai referensi yang tidak terbatas, jadi tidak terpaku pada satu sumber belajar.
E-book membantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran. Pendidik repot jika harus membawa banyak buku bacaan dalam bentuk fisiknya yang berat. E-book yang berupa data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik.
E-book dapat mengurangi beban pendidik dalam menyajikan informasi, informasi yang diberikan melalui E-book lebih konkret dan memungkinkan pembelajaran besifat induvidual sebab tidak tergantung pada informasi yang diberikan pendidik, peserta didik dapat belajar sesuai dengan kebutuhan, kemampuan, bakat dan minatnya, pembelajaran lebih terarah, dapat memberikan pengetahuan langsung hasil dari membaca, memungkinkan pemberian informasi yang lebih luas kepada pesertadidik.
Manfaat E-book jika dilihat dari bentuk fisiknya yang berupa data digital yaitu ukuran fisik kecil karena dapat disimpan dalam penyimpanan data seperti flashdisk dsb. E-book juga tidak lapuk layaknya buku biasa, format digital bertahan sepanjang masa dengan format yang tidak berubah. E-book juga media belajar yang interaktif dalam penyampaian informasi karena dapat ditampilkan ilustrasi multimedia.
E-book memberikan dampak yang luar biasa pada kemajuan teknologi dalam pendidikan. Bagi seorang pendidik sangat terbantu dengan adanya E-book dengan berbagai kemudahannya. Pendidik akan lebih mudah mencari sumber materi pelajaran, menambah referensi sumber belajar. Pendidik tidak perlu beranjak dari tempat satu ketempat lainnya yang membuang waktu dan energi, karena E-book bisa didapatkan dari situs web, hanya perlu duduk dan seaching dengan akses internet. E-book bisa diteriakan sebagai seorang Hero untuk keberhasilan pendidik mengajar karena efisien dan efektif.
Bagi peserta didik E-book juga sangat membantu untuk proses belajar diluar kelas atau dirumah. Peserta didik yang memiliki akses internet di rumah bisa mengunduh E-book dari situs atau bisa juga cari akses internet gratis di area hotspot. Karakteristik peserta didik yang haus akan pengetahuan menjadikan materi yang disampaikan pendidik itu kurang, bisa dianalogikan sayur tanpa garam. E-book berperan sebagai penunjang materi tambahan pengetahuan, E-book menjadi garam dalam sayur. Pengetahuan peserta didik akan lebih kompleks dari pemanfaatan E-book.
E-book dikeluarkan Departemen Pendidikan Nasional dengan nama Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang diakses dengan softwere adobe reader dsb. E-book sekarang dikembangkan oleh peniliti atau programer dengan campuran berbagai mulitmedia seperti animasi bergambar dan suara. E-book yang secara umum hanya terdiri dari tulisan diintegrasikan dengan audiovisual sehingga lebih interaktif. Pengguna E-book akan lebih tertarik dan dapat dengan mudah memahami isi materi.
Ada kendala besar dalam jalur-jalur lalu-lintas informasi yang kita miliki. Kendala tersebut terkait dengan ketimpangan yang berat antara kondisi di daerah dengan di pusat. Masyarakat kota-kota besar sudah bisa menikmati layanan internet gratis dengan kesempatan akses yang sangat sedikit hambatan. Sementara itu, masyarakat di pinggiran yang secara ekonomis kurang mampu melayani dirinya sendiri karena ketidakmampuan secara ekonomis, dipersulit lagi oleh kondisi layanan informasi yang tidak lancar. Seseorang yang berada di daerah, jika ingin mengakses BSE yang free download, harus mengeluarkan biaya lebih mahal ketimbang membeli buku cetakan. Ketimpangan-ketimpangan sejenis kerap memosisikan masyarakat kecil sebagai korban aneka program yang dirancang secara kurang matang.
Permasalahan hak cipta adalah menjadi poin utama dari kelemahan ini. Karena sifat digitalnya yang sangat mudah untuk di-copy, tentu menjadi permasalahan tersendiri. Selain itu, karena sifat digital itulah sangat rentan terjadi kerusakan, seperti terkena virus atau kerusakan pada file akibat kesalahan pemakaian.
Sisi pemasarannya juga dapat menjadi kelemahan E-book. Jaman yang sudah serba menggunakan komputer, masih banyak juga orang yang belum mempunyai perangkat pengakses E-book atau kalaupun ada, mereka tidak tertarik untuk terus berhadapan dengan perangkat digitalnya untuk membaca E-book.
Segala sesuatu yang berhubungan dengan keberhasil belajar tidak lepas dari medianya yaitu dalam tulisan ini E-book. Manfaatnya sangat dirasakan bagi pendidik dan peserta didik. Pendidik dan peserta didik sangat terbantu dengan E-book.
Satu lagi tugas dan tanggungjawab pemerintah untuk membantu terjangkaunya E-book dari masyarakat desa sampai kota. E-book diharapkan tidak terpusat hanya pada daerah kota, tetapi menyeluruh untuk pengguna baik pendidik dan peserta didik di desa maupun kota.
Beberapa keuntungan eBook dalam pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.      Mobility
Kegunaan yang paling menonjol dari eBook adalah kemudahan untuk dibawa dan dibuka melalui bermacam-macam perangkat digital yang bisa dibawa kemana saja. Teknologi eBook didesain untuk beberapa perangkat digital contohnya: Smartphone, Ipad, tablet, PDA, netbook, laptop dan lain-lain.
2.     Ease of Updating Content
Karena format eBook dalam bentuk digital maka salah satu kelebihan eBook adalah kemudahan untuk melakukan pengeditan, meng-update dan mempublikasikannya kembali kepada para pembaca.
3.     Cost Effective Publication
Pada cetakan tradisional dibutuhkan waktu yang lama dan proses yang cukup panjang dalam hal mempublikasi dan mendistribusikan. Berbeda halnya dengan eBook yang tidak menimbulkan biaya apapun dalam hal memperbaharui, meng-edit dan publikasi atau distribusi ulang. Oleh karenanya, manfaat eBook bagi para penulis yaitu hemat biaya distribusi ulang. Penulis dapat meng-update tulisannya lebih sering sesuai kebutuhannya.
4.     Multimedia Capability
Manfaat istimewa eBook yaitu dengan mudah dapat berintegrasi dengan elemen-elemen multimedia (video, audio, interactive graphics, dan sebagainya).
5.     eReader “Plusses”
Salah satu keunggulannya juga pada kecocokan format aplikasi eBook dengan berbagai device atau perangkat digital yang membuat pengguna atau pembaca tidak perlu banyak mengutak-atik device.
6.     Scalable and Re-Flowable Text
Dalam penggunaannya eBook sangat menarik bagi pembaca karena tampilan teks, warna, ukuran dan terutama format eBook ini telah diatur sedemikian rupa agar aspek visualnya bisa di edit oleh pembaca.
7.     Built-In Dictionary
Karena ada built-in dictionary, pembaca dapat mencari definisi setiap kata dalam bacaannya.
8.     Bookmarking
Fungsi pembatas buku otomatis dapat memudahkan pembaca untuk kembali ke halaman yang dibacanya dan membolak-balik halaman tanpa khawatir lupa halaman yang dibaca terakhir.
9.     Highlights, Annotations and Notes
Manfaat menarik eBook juga dapat menandai kalimat yang dibaca, membuat catatan dan  komentar untuk menandai bacaan yang dibaca. Penambahan-penambahan ini akan terus menempel di eBook sampai pembaca memutuskan untuk menghapusnya. CITATION Joe11 \l 1033 (Zarley, 2011)
Di Indonesia penggunaan eBook belum begitu populer seperti di Amerika Serikat yang telah mencapai angka 53% pembaca perpustakaan memilih eBook. Di Indonesia penggunaan eBook hanya populer pada pengguna gadget dan masyarakat perkotaan yang telah memiliki kemudahan akses internet. Itulah sebabnya mengapa E-learning hanya tersedia dikampus-kampus dikota-kota besar. Kemungkinan untuk masyarakat memilih eBook sebagai bahan acuannya masih sangat kecil dan belum bisa merata.
Sebagai alat pembelajaran yang memiliki manfaat efisiensi biaya dan waktu bagi pengajar dan siswa, eBook juga memiliki manfaat yang sama dalam organisasi sebagai contoh untuk kegiatan training karyawan. Pemanfaatan teknologi seperti web-based training memberikan sejumlah kemudahan bagi trainer untuk menyampaikan bahan materinya kepada peserta training. Penggunaannya yang mirip dengan cetakan buku tradisional dengan keuntungan tidak perlu membeli stabillo, pensil, pulpen, pembatas buku, juga tidak perlu fotocopy untuk memperbanyak materi, membuat eBook menjadi alat yang lebih baik untuk menggantikan cara lama dengan mempergunakan buku cetak. Kemudahan integrasi dengan elemen-elemen multimedia juga menjadikan eBook lebih efektif sebagai alat penyampaian pesan materi pelajaran dari pengajar. Sebagai contoh: pengajar/trainer dapat dengan mudah memberikan contoh-contoh dengan video yang akan lebih mendukung secara audio-visual. Komunikasi antara trainer dan trainee dengan menggunakan medium media baca dan media audio-visual ini dianggap cukup efektif asalkan dengan penyusunan materi eBook yang baik oleh trainer.
E-Book atau Elektronik Book merupakan salah satu media belajar atau informasi yang  saat ini telah menjadi primadona di bidang media terutama sumber digital. saat ini E-Book memiliki peranan penting sebagai sumber belajar, E-book sumber belajar saat ini telah banyak yang menyediakan mulai dari blog, atau website pendidikan milik pemerintah sehingga memenjakan penuntut ilmu mudah dalam mengambil sumber secara digital.
E-book menjadi media belajar yang populer selama beberapa tahun ini karena pemerintah secara penuh mendukung penggunaan E-book dalam pembelajaran. E-book berperan penting dalam proses pembelajaran karena memiliki keunggulan, Keunggulan dari E-book bisa dilihat dari fungsi dan manfaatnya. Beberapa fungsi E-book sebagai media belajar yaitu dapat meningkatkan produktivitas belajar, Proses pembelajaran tidak lepas kaitannya dengan sumber belajar yang berupa buku-buku bacaan seperti E-book. E-book juga sebagai referensi yang tidak terbatas, jadi tidak terpaku pada satu sumber belajar.
E-book membantu pendidik dalam mengefektifkan dan mengefisienkan waktu pembelajaran. Pendidik repot jika harus membawa banyak buku bacaan dalam bentuk fisiknya yang berat. E-book yang berupa data digital sangat mudah untuk dibawa dalam banyak file, sehingga pendidik tidak kehabisan bahan belajar untuk peserta didik.
Manfaat E-book jika dilihat dari bentuk fisiknya yang berupa data digital yaitu ukuran fisik kecil karena dapat disimpan dalam penyimpanan data seperti flashdisk dsb. E-book juga tidak lapuk layaknya buku biasa, format digital bertahan sepanjang masa dengan format yang tidak berubah. E-book juga media belajar yang interaktif dalam penyampaian informasi karena dapat ditampilkan ilustrasi multimedia. E-book memberikan dampak yang luar biasa pada kemajuan teknologi dalam pendidikan. Bagi seorang pendidik sangat terbantu dengan adanya E-book dengan berbagai kemudahannya. Pendidik akan lebih mudah mencari sumber materi pelajaran, menambah referensi sumber belajar. Pendidik tidak perlu beranjak dari tempat satu ketempat lainnya yang membuang waktu dan energi, karena E-book bisa didapatkan dari situs web, hanya perlu duduk dan seaching dengan akses internet. E-book bisa diteriakan sebagai seorang Hero untuk keberhasilan pendidik mengajar karena efisien dan efektif.
Bagi peserta didik E-book juga sangat membantu untuk proses belajar diluar kelas atau dirumah. Peserta didik yang memiliki akses internet di rumah bisa mengunduh E-book dari situs atau bisa juga cari akses internet gratis di area hotspot. Karakteristik peserta didik yang haus akan pengetahuan menjadikan materi yang disampaikan pendidik itu kurang, bisa dianalogikan sayur tanpa garam. E-book berperan sebagai penunjang materi tambahan pengetahuan, E-book menjadi garam dalam sayur. Pengetahuan peserta didik akan lebih kompleks dari pemanfaatan E-book.

Oleh Ida Farida Susilawati

Sumber : Internet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar