PENGANTAR MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
Media pembelajaran adalah sarana untuk
meningkatkan kegiatan proses belajar
mengajar.
Media merupakan segala benda yang
dimanipulasi, dilihat, didengar, dibaca/dibicarakan beserta instrument yang
digunakan. Ciri utama yakni: suara, viaual, gerak.
Perkembangan Media
1)
Media tak
langsung (offline) : orang lain,
buku, kaset, film, komputer.
2)
Media langsung (online): orang lain, alam (bunyi,
cahaya), alat elektronik (telpon, radio, TV, internet).
3)
Media rekam:
tanah , dinding gua, batu, daun, kertas, media magnetic, media elektrik.
Ada beberapa alasan orang tidak
menggunakan media;
1. Menggunakan media merepotkan.
2. Media itu barang canggih dan mahal.
3. Tidak tahu dan tidak bisa menggunakan.
4. Media itu pemborosan.
Kontribusi median dalam pembelajaran
a. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan
di manapun diperlukan.
b. Sikap posotif siswa terhadap materi dan proses
pembelajaran dapat ditingkatkan.
c. Peran guru berubah kearah yang positif.
Multimedia pembelajaran terbagi menjadi
2 bagian, yaitu:
1.
Multimedia Linier
Merupakan suatu multimedia yang tidak
dilengkapi alat pengontrol apapun yang dapat dioperasikan oleh pengguna/multimedia ini berjalan sekuensial atau berurutan.
Misalnya, Televisi dan Film.
2.
Multimedia Interaktif
Merupakan suatu multimedia yang dilengkapi alat pengontrol yang dapat
dioperasikan oleh pengguna, sehingga pengguna memiliki apa yang dikehendaki
untuk proses selanjutnya. Misalnya,
Aplikasi game.
MULTIMEDIA
Multimedia adalah penggunaan komputer
untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, dan video
dengan alat bantu (Tool) dan koneks (Link) sehingga pengguna dapat
bernavigasi, berinteraksi, berkarya, dan berkomunikasi.
UNSUR PROGRAM MULTIMEDIA
1. Gambar
5. Animasi
2 Teks 6. Video
3. Grafis 7. Game
4. Audio 8. Interaksi
FUNGSI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
v
Melatih keterampilan (Skill Builden)
v
Mendalami pengetahuan (Knowledge Exporer)
v
Memperkaya proses belajar (Reference Works)
MANFAAT MULTIMEDIA
1)
Memungkinkan dialog
2)
Meningkatkan kreatifitas
3)
Memfasilitasi kolaborasi
4)
Meningkatkan keterampilan
5)
Memperkuat respon
6)
Memperbanyak pengalaman
Pendekatan belajar dalam
pengembanag MPI, yaitu:
o Proses belajar dibuat pendek-pendek.
o Memberi ganjaran atas respon siswa.
o Penguatan diberikan secepat mungkin.
Komponen pengembangan MPI adalah
umpan balik, percabangan, penilaian, monitoring kemajuan, petunjuk dan
tampilan.
FORMAT SAJIAN MPI
1. Metode Tutorial
v
Komputer berperan sebagai guru.
v
Materi disajikan terlebih dahulu.
v
Siswa berinteraksi secara aktif.
v
Diberikan latihan-latihan soal
v
Umpan balik segera diberikan.
v
Hasil penilaian disampaikan
2. Metode Drill and Practile
v
Rangkaian soal-soal guna meningkatkan
keterampilan dan kecepatan berpikir.
v
Siswa diasumsikan telah memahami materi.
v
Ada penilaian dan umpan balik
v
Bentuk soal PG, mengisi, dan BS.
3. Metode Simulasi
v
Model dan situasi, obyek/kejadian sebenarnya.
v
Siswa memanipulasi berbagai aspek
tanpa menanggung resiko yang tidak
menyenagkan.
v
Siswa berpartisipasi dan seolah-olah terlibat
dalam kejadian sebenarnya.
v
Diberikan umpan balik.
4. Metode Permainan
v
Memberi motivasi tinggi
v
Kompetensi
v
Edutainment
v
Grafik, suara dan gerak secara simultan
v
Memancing perkembangan keterampilan tertentu
TEKNIK PENULISAN SKRIP DALAM MULTIMEDIA PEMBELAJARAN
SKRIP adalah
sejumlah naskah perencanaan produksi program yang harus disiapkan oleh
perancang pembelajaran berbasis komputer yang meliputi analisis kebutuhan
program, hasil telaah konten pembelajaran, flowchart,strory board, dan
panetapan software dalam membangun model pembelajaran berbasis komputer.
Model SKRIP yang dimaksud yaitu:
1. Model multimedia tutorial
2. Model multimedia simulasi
3. Model multimedia drill
4. Model multimedia games
Definisi
multimedia modern yaitu kombinasi berbagai media seperti teks, gambar, suara,
animasi, video, secara terpadu dan sinergis melalui komputer/peralatan
elektronik lain untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak harus berisi semua aspek
media tersebut, tetapi minimal dua jenis media.
Elemen multimedia terdiri dari teks, gambar, suara, animasi,
dan video.
-Teks merupakan
elemen multimedia yang paling dasar.
-Gambar merupakan images dua dimensi yang dapat dimanipulasi
oleh komputer.
-Suara dihasilakan oleh getaran sumber suara yang didengar
oleh telinga.
-Animasi merupakan
ilusi gerak dari beberapa gambar yang berurutan
FLOW CHART
Dasar-dasar
flow chart untuk menghasilkan sebuah model program pembelajaran berbasis komputer. Langkah awal yang harus dikembangkan
dalam memproduksinya adalah mendesain model alur berpikir isi program tersebut.
Kegunaan Flow chart yaitu:
-Referensi
diagram yang menggambarkan urutan operasi suatu program.
-Membantu
dalam pemahaman yang kompleks.
-Membantu
dalam penulisan/implementasi program.
-Membantu
menjelaskan program pada orang lain.
-Merupakan
dokumentasi program yang kompleks.
Tujuan flow chart yaitu mendapatkan
suatu alur kerja yang komunikatif dan mengetahui suatu alur dan jalur proses
pengerjaan suatu dapat mudah dipahami dan dilalui serta diikuti user secara
menyeluruh dan bermakna.
Hakikat dari flow chart adalah
merupakan suatu yang berisi symbol-simbol grafis yang menunjukkan arah aliran
kegiatan dan data-data yang dimiliki program sebagai suatu proses eksekusi.
Rangkuman : Kuliah Multimedia
Pembelajaran by DR. Irwanto
Oleh : Ida Farida Susilawati
Tidak ada komentar:
Posting Komentar